Kontak

Thursday, April 9, 2009

Betis Nyeri di Malam Hari


Pernahkah Anda tersentak bangun di tengah malam, karena nyeri yang hebat pada betis, yang lantas menjalar ke telapak kaki?
Setelah bangun, rabalah bagian yang nyeri tadi. Pasti keras dan tegang. Itulah yang disebut keram kaki.
Keram kaki merupakan kontraksi otot kaki-terutama betis-yang terjadi secara tiba-tiba dan di luar kesadaran kita.
Kram ini dapat menimpa siapapun, tanpa batasan usia. Tapi biasanya, kram ini dialami oleh mereka yang berusia separuh baya atau lanjut.

PENYEBAB
Sampai kini belum diketahui secara pasti penyebab kram kaki. Yang jelas, ada banyak faktor yang diduga berhubungan dengan kram otot kaki.
Beberapa penelitian mendapatkan bahwa kram kaki berhubungan dengan masalah kendali otot kaki oleh otak saat kita terlelap dalam tidur. Itulah sebabya mengapa sebagian besar orang yang pernah mengalami kram kaki, mengalaminya saat mereka tengah bermimpi. Namun kebanyakan ilmuwan percaya behwa ini bukan suatu kelainan dalam otak.

Kram kaki di malam hari kemungkinan terjadi karena kerja otot kaki yang berlebih karena aktivitas berat sebelumnya. Faktor lain yang ikut memicunya adalah kelainan struktur kaki (kaki rata, misalnya), yang membuat kram lebih sering terjadi.
Jika saat tidur, kaki berada di atas tidur yang keras, kemungkinan terjadinya kram makin besar. Pasalnya, alas yang keras itu menimbulkan efek penekanan lokal pada kaki. Kaki yang tertekan akhirnya berada pada kondisi hipoksia, yaitu kekurangan suplai oksigen yang terjadi karena tidak lancarnya aliran darah.
Seperti yang telah di ketahui, salah satu fungsi darah adalah mengikat oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Karena itu, kram kaki-teutama di sekitar betis-juga dapat tejadi lantaran duduk terlalu lama, atau karena posisi kaki yang keliru saat berdiam lama.
Selain itu, hawa dingin juga di ketahui memicu kram kaki di malam hari. Pasalnya, hawa dingin membuat pembuluh darah menyempit (vasokonstriksi). Sehingga, aliran darah di kaki terganggu.
Beberapa penyakit teertentu pun di percaya merupakan pemicu semacan ini, misalnya, kencing manis (diabetes millitus), parkinson, hypoglycemia (kadar gula dalam darah terlalu rendah), anemia, kelainan kelenjar tiroid (kelenjar gondok), dan kelainan kelenjar endokrin.
Penyakit dan kelainan hormonal tersebut pada dasarnya dapat membentuk keadaan hipoksia. Kencing manis tahap lanjut, misalnya, menimbulkan kerusakan pembuluh darah dan membuat aliran darah tidak lancar. Contoh lain, anemia membuat jumlah okdigen yang diikat dalam darah menurun. Karena, hemoglobin yang bertugas mengikat darah juga berkurang.
Rendahnya kadar beberapa mineral seperti magnesium, potasium, kalsium, dan sodium pun telah lama dihubungkan dengan masalah kram kaki di malam hari. Para pelari maraton yang telah berlari sejauh puluhan km, misalnya, sering mengalami dehidrasi dan kekurangan mineral seperti yang baru saja tersebut. Akibatnya, mereka cenderung terkena kram kaki saat tidur.


PENANGANAN
Bila dibanding dengan posisi kaki yang keliru saat tidur, yang lebih banyak berperan memicu kram kaki di malam hari adalah penyakit, kekurangan zat tertentu, ataupun kelainan hormonal.
Karena itu, bila Anda sering mengalaminya, segera periksakan diri Anda ke dokter.
Namun, nyeri yang ada dapat diredakan dengan penanganan pertama yang cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri. Antara lain :
• Cobalah berjalan dengan menggunakan kaki yang kram itu. Renggangkan betis dengan tangan menyentuh ibu jari kaki dan menariknya kearah lutut.
Usahakan agar pada saat melakukan gerakan ini, kaki Anda tetap lurus.
• Urut betis dari atas ke bawah (dari bagian belakang lutut sampai pergelangan kaki). Lakukan gerakan mengurut ini berulang-ulang, tapi hanya searah. Jangan terburu-buru, lakukan perlahan meski sakitnya benar-benar parah. Lama-lama, kram kaki akan mereda.
• Mandilah dengan shower air panas, atau berendam dengan air hangat. Usahakan agar otot yang kram tersiram atau terendam air itu.
• Untuk kram kaki yang parah obat yang mengandung diphenhydramine hydrochloride serta pelemas otot sederhana seperti meprobamate dan verapamil hydrochloride bisa sangat membantu.
Selain itu, ada pula hal-hal lain yang bila diperhatikan akan sangat membantu mencegah timbulnya kram kaki. Misalnya
• Asupan magnesium yang cukup. Magnesium adalah salah satu mineral yang penting bagi tubuh kita. Yang berkaitan dengan relaksasi otot. Karena itu, konsumsi magnesium secukupnya juga berguna untuk mengatasi kram otot.
Beberapa orang yang mengonsumsi magnesium memang dapat langsung pulih dari kram ototnya. Tapi, kram otot yang telah berlangsung dalam waktu lama, bila diatasi dengan suplemen ini, biasanya juga akan pulih dalam waktu lama.
Sumber makanan yang mengandung magnesium adalah sayur hijau, juga kedelai, alpukat dan kacang-kacangan.
Kebutuhan akan magnesium bervariasi antara 300 sampai 350 mg, dan meningkat jadi 450 mg pada masa kehamilan dan menyusui.
• Menarik nafas panjang. Beberapa laporan mengatakan, kram otot pada malam hari berhubungan dengan gangguan tidur, di mana nafas berhenti sesaat. Akibatnya, tubuh kekurangan oksigen. Bila ini penyebabnya, tarikan nafas panjang beberapa kali dapat meredakan kram kaki.


AGAR KAKI TIDAK KRAM
Untuk mencegah kram kaki di malam hari, anda dapat mempertimbangkan pengonsumsian suplemen secara rutin dan secukupnya, terutama yang mengandung kalsium, magnesium, potasium, dan sodium.
Namun ingat, suplemen sodium boleh dikonsumsi hanya bila kadar sodium dalam tubuh benar-benar rendah, atau setelah keringat keluar banyak.
Selain itu, kram kaki di malam hari dapat dicegah dengan mengonsumsi 400-800 iu vitamin E tiap hari. Ini berkaitan dengan peranan vitamin E dalam memicu kerja saraf otot kaki, yang bila terganggu dapat menyebabkan tegangnya otot kaki.
Langkah berikutnya, melemaskan kaki dan telapak kaki secara teratur di siang dan malam hari. Anda dapat mencegah munculnya kram kaki di malam hari dengan membuat ‘lelah’ reflek peregangan sebelum berangkat tidur.

BAGAIMANA CARANYA?

Yang pertama, bersandarlah pada dinding, lalu lakukan gerakan push up dengan meregangkan otot betis Anda.
Yang kedua, letakkan bantalan panas pada kaki Anda, maksimal sepuluh menit menjelang tidur.
Last but not least, biarkan selimut terjuntai menutupi kaki tempat tidur. Selimut yang berantakan ini, selain melindungi kaki dari waha dingin, juga mencegah posisi kaki dan jari yang tidak alami.
Seperti yang telah dijelaskan, hawa dingin dan posisi kaki yang tidak alami memicu timbulnya kram kaki.


MEDIA GT EDISI XI / 2007

20 comments:

  1. Terima kasih banyak atas informasinya, sangat bermanfaat terutama saya yang sering terkena kram kaki saat malam hari.

    ReplyDelete
  2. trima kasih atas informasinya. saya akhirnya menegrti. semalam saya mengalaminya dan saya benar2 kaget, tapi sy langsung ingat kakak saya pernah mengalaminya juga dan memberi tahu cara cepat menghilangkan rasa sakit itu: duduk dan luruskan kaki dan tarik/lengkungkan telapak kaki ke arah badan, maka rasa sakitnya akan segera hilang. Lalu perbaikilah kembali posisi tidur, dan pastikan kaki kaki sudah dalam keadaan rilex. mohon izin CopaS untuk blog saya. #bru belajar buat blog juga sih# thanx ya. Gbu

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya.Ane lagi sakit otot paha bagian depan gan, apa obat yang tepat buat menyembuhkannya?

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas infonya, berguna banget buat saya yg sering mengalami kram dibetis.....

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya
    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Rasanya luar biasa sakit dan kaget, saat sya mengalami kram betis itu..
    Otot dalam betis terasa tertatik dan kaku. dan kejadian itu rasa nya secara tiba2. mata tiba2 terbuka dan langsung terasa sakitnya. sontak saya berteriak kencang akan hal tersebut.
    kram tersebut udah berkali kali saya rasakan. setiap pagi dan sore saya berjalan kaki ke kantor, dan menaiki tangga.
    apakah hal tersebut penyebab nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mengalami hal yang sama saat tidur, saat saya menapakkan kakisaya , saya langsung terjatuh. memang nyeri sih

      Delete
  7. terimakasih infonya, saya mngalami hal serupa hampir sebulan ini.. akhirnya saya tahu apa penyebab dan cara mengatasinya.. mungkin kalau begini terus saya juga harus memeriksakannya ke dokter ya.. karena usia saya masih 19 tahun..

    ReplyDelete
  8. Saya mengalami hal yg sama seperti Roy purwanto cara mengatasinya bagaimana??


    ReplyDelete
  9. Saya mengalami hal yg sama seperti Roy purwanto cara mengatasinya bagaimana??


    ReplyDelete
  10. makasih infonya, saya sering mengalaminya sejak usia remaja sampai sekarang usia 30an, tapi saya punya resep jitu untuk mengatasinya. caranya sesaat setelah mengalami kram otot segeralah bangun dari tempat tidur dan tekanlah ke lantai tumit kaki yang sakit ke lantai, insyaallah bisa langsung hilang. ini resep dari nenek saya.

    ReplyDelete
  11. Saya sering mengalami masalah panas betis waktu tidur. Kadang kala susah hendak lena di sebabkan rasa kurang selesa. Untuk mengatasi masalah ini terpaksa letakkan tuala lembab bagi membantu masalahnya di samping di pasang kipas angin..ada ke cara atau ubat yang dpt mengatasinya

    ReplyDelete
  12. ternyata banyak juga yang mengalami, nice share :D

    ReplyDelete
  13. saya juga sering sampai nangis2...
    kalo sy ...sy biarkan otot rilek .nanti lemes sendiri...

    ReplyDelete
  14. Terimakasih gan, bermanfaat banget. Tadi pagi, sekitar jam 2.30,saat aku terlelap tiba-tiba betis sakitnya bukan main. Aku langsung terkejut. Itu sungguh menyakitkan dan membuat panik. Tapi sekitar 2 menit kemudian sakit sedikit demi sedikit hilang. Dan kembali seperti semula.

    ReplyDelete
  15. bisa juga waktu mulai terasa sakit, langsung berdiri dan angkat tangan tinggi tinggi seolah2 mau memetik buah, utk betis kiri angkat tangan kanan, dan sebaliknya. coba deh, ini resep dari ahli fisioterapi.

    ReplyDelete
  16. saya ada beberapa kali megalamidi tengah malam...saya gak tau harus bagaimana awalnya...terpaksa saya merasakan nyeri yang benar-benar luar biasa hebat beberapa saat...tapi itu akibat salah meregangkan kan kaki..

    ReplyDelete