Kontak

Monday, June 29, 2009

10 Cara Cerdas untuk Tidur Siang


Apa kesamaan Leonardo da Vinci, Albert Einstein dan Thomas Edison? Mereka semua memiliki kontribusi yang besar terhadap kemajuan umat manusia, mereka adalah orang - orang terbaik dalam bidangnya, dan mereka semua sangat gemar tidur.

Tidur siang sangat baik untuk menggantikan kekurangan tidur, serta dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang. Hanya dengan menyisihkan waktu 20 menit untuk tidur siang, badan dan pikiran akan kembali 'terisi' sehingga kita akan lebih produktif.

Tidur siang bukan hanya untuk anak TK saja. Hasil riset menunjukkan bahwa tidur di siang hari dapat meningkatkan produktivitas serta membuat kita lebih awas di tempat kerja.

Namun ada beberapa kontroversi mengenai bagaimana cara terbaik untuk tidur siang. Setiap orang memiliki cara tidur siang yang berbeda - beda. Kami menyarankan untuk mencoba beberapa teknik di bawah ini:

1.Kombinasi yang aneh

Suatu penelitian di Jepang menemukan bahwa kita dapat meredakan rasa ngantuk dengan mengkombinasikan kopi dan tidur pendek.

Terdengar aneh? Begini cara kerjanya: Kafein membutuhkan waktu sekitar 20 - 30 menit untuk mulai bekerja. Dalam jangka waktu inilah kita bisa tidur sebentar. Dengan begitu, manfaatnya menjadi berlipat: kita sudah beristirahat dan menjadi segar pada saat kita bangun.

2.Tidur siang yang paling baik

Para ahli mengatakan bahwa waktu tidur siang yang ideal adalah antara jam 2 sampai jam 3 siang - agak telat memang, tetapi cukup awal sehingga tidak akan mengganggu jam tidur kita di malam hari. Tetapi jangan lupa untuk menyesuaikan jadwal kegiatan kita di sore hari pada saat kita berencana untuk tidur siang.

Apabila memungkinkan, para ahli menyarankan untuk tidur siang sesaat sebelum meeting dimulai. Dengan demikian kita tidak akan merasa ngantuk pada saat meeting berlangsung.

3.Waktu tidak menjadi masalah

Tidur siang yang baik adalah antara 20 sampai 30 menit. Hal ini akan memberikan kita manfaat tidur tanpa rasa lesu dan pening - atau yang biasa disebut " mabuk tidur ".Bahkan tidur selama satu sampai dua menit juga bisa menjadi efektif bagi beberapa orang.

4.Siapkan tempat tidur

Beberapa orang sulit untuk tidur siang karena mereka tidak familiar dengan keadaan sekeliling. Walaupun kurang nyaman, tetapi tempat duduk di kantor cukup untuk kita pakai tidur. Alternatif lain adalah tidur di dalam mobil - tapi pastikan jendela terbuka dan mesin tidak menyala.

5.Pasang alarm

Bila kita terlalu lelah dan kemudian tidur siang, kemungkinan kita tidak bisa bangun pada saatnya. Jadi pasanglah alarm. Bahkan Handphone sekarang juga memiliki fungsi alarm.

6.Stop rasa bersalah

Tidur siang sangat baik bagi kesehatan dan produktivitas. Walau demikian, kadangkala kita merasa membuang waktu yang berharga. Perasaan bersalah ini hanya akan mengganggu tidur siang kita. Untuk menyikapinya, lakukanlah sesuatu yang membuat kita tahu bahwa kita tidak malas. Tidur siang malah akan membuat kita lebih produktif dan awas setelah bangun.

7.Tenangkan pikiran

Lepaskan segala pikiran. Apabila ada pikiran yang mengganggu, selalu ingatkan diri kita: " Kosongkan pikiran!"

Atau kita juga bisa menggunakan kata - kata lain untuk menenangkan pikiran seperti: Peace, Calm, Rest, Empty, Power, Strength, Love. Bahkan kata "OMmm�" juga bisa membantu karena tidak memiliki arti lain.

8.Bersiaplah untuk pening

Karakteristik dari tidur adalah adanya siklus pendek dan panjang. Apabila kita terbangun dari tidur panjang, kita akan merasa pening sekitar 15 - 20 menit. Coba basahi pergelangan tangan dengan air dingin atau minum soda untuk membangunkan diri kita. Tetapi pada umumnya apabila kita tidur dalam waktu kurang dari 30 menit, kita tidak akan memasuki siklus tidur panjang.

9.Konsistensi

Para ahli menyarankan agar kita membiasakan tidur siang 20 menit setiap hari. Sama seperti kebiasaan tidur di malam hari, kita juga harus memiliki kebiasaan untuk tidur siang.

Pada hari - hari tertentu mungkin tidak memungkinkan untuk tidur siang, tetapi apabila kita membutuhkannya, aturlah jadwalnya. Pada akhirnya, kita akan menjadi terbiasa, sama seperti kebiasaan tidur kita di malam hari.

10.Perhatikan waktu tidur

Apabila kita selalu merasa membutuhkan tidur siang, cermati kembali apakah tidur kita di malam hari hanya 5 atau 6 jam? Meskipun 20 menit tidur siang merupakan suatu penyegar, namun tetap tidak dapat menggantikan waktu kurang tidur di malam sebelumnya.

Sebaliknya, apabila waktu tidur malam kita 8 jam dan masih merasa ingin tidur siang, ini merupakan suatu tanda bahwa jam tidur kita kacau, atau ada masalah dengan kesehatan kita. Sebaiknya periksakan diri kepada ahlinya.

Kalau kita ingin menjadi sekreatif dan seproduktif Thomas Edison di tempat kerja - atau semata - mata hanya ingin merasa lebih baik dengan energi lebih di siang dan sore hari. Cobalah untuk tidur siang.



source:http://udaramaya.com

No comments:

Post a Comment