Kontak

Sunday, June 7, 2009

Senam Nifas


Senam nifas memang jarang dilakukan oleh ibu-ibu yang telah melakukan persalinan. Setidaknya ada tiga alasan mengapa orang tidak melakukannya. Pertama, karena memang tidak tahu bagaimana senam nifas. Kedua karena saking bahagianya dan yang dipikirkan hanya si kecil. Ketiga, berpikir boro-boro untuk senam, untuk bangun saja sakit.

Sebenarnya senam nifas itu mudah dilakukan. Ibu pasca melahirkan tidak harus melakukan gerakan macam-macam. Paling hanya duduk dan bersila. Bahkan, bila masih merasa sakit, sambil tiduran pun senam nifas bisa dilakukan. Mudah bukan, sebab tanpa bangun pun bisa dilakukan.

Tapi sebelum melakukan senam nifas, perhatikan dulu proses persalinan Anda. Jika proses persalinan normal, di hari pertama pun bisa melakukan senam nifas. Tentu jika Anda sudah merasa kuat melakukannya. Jika belum, Anda bisa menunda 2-3 hari kemudian. Setelah merasa cukup kuat, Anda bisa mulai melakukannya.

Kondisi tersebut berbeda dengan orang yang proses persalinannya melalui proses operasi. Jika Anda melakukan proses persalinan degan operasi, maka tidak bisa langsung melakukan senam nifas seperti halnya proses persalinan normal. Anda harus menunggu sampai cukup kuat dan tidak lagi sakit ketika bergerak. Tanyakan pada dokter kapan mulai bisa melakukan senam nifas.

Gerakan-gerakan senam nifas ini sangat sederhana dan mudah, jauh lebih gampang dari senam hamil. Pertama lakukan latihan pernafasan. Caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam, tahan sebentar dan kemudian tiupkan kembali perlahan-lahan. Jika Anda sudah pernah melakukan yoga, gerakan pertama ini pasti sangat mudah dilakukan. Jika memungkinkan lakukan dengan bersila. Tapi jika masih terasa sakit Anda bisa melakukannya dengan tiduran. Gerakan pertama ini bermanfaat untuk memulihkan bagian tengah perut yang sempat teregang ketika hamil.

Gerakan kedua adalah dengan posisi terlentang. Setelah itu tekuk lutut ke dalam dan kemudian putara-putar pergelangan kaki. Gerakan ketika posisinya masih sama dengan gerakan kedua. Kaki ditekuk, kemudian satunya diluruskan sedikit—jangan terlalu lurus, karena bisa terasa sakit—kemudian ditekuk lagi. Lakukan gerakan kaki kiri dan kanan bergantian berulang-ulang. Lakukan gerakan semampu Anda dan jangan dipaksa.

Tiga gerakan di atas adalah gerakan dasar yang sederhana dari senam nifas. Meskipun terlihat sederhana dan sepele, jika dilakukan dengan rutin akan menolong proses pemulihan dengan lebih cepat. Gerakan-gerakan tersebut akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar.


sumber : info-sehat.com


No comments:

Post a Comment