Kontak

Monday, June 22, 2009

Tanda-Tanda Kelahiran Prematur


Ibu yang akan menjalani persalinan dalam minggu akan merasa was-was akan terjadinya kelahiran premature. Kelahiran premature adalah kelahiran bayi sebelum genap 37 minggu sejak ibu pertama kali tidak haid.

Beberapa tanda-tanda yang dapat perhatikan sebelum proses persalinan premature adalah:
1. Terjadi kontraksi sepuluh menit atau lebih sering sebelum waktu 37 minggu
2. Perubahan pada cairan vagina atau pendarahan pada vagina
3. Kram seperti sedang haid atau perut mulas-mulas
4. Rasa kebas pada punggung bagian bawah
5. Dorongan janin yang ingin keluar

ika gejala tersebut terjadi sebelum genap 37 minggu, sebaiknya ibu beristirahat dalam posisi miring, konsumsi air putih atau jus sebanyak satu atau dua gelas. Jika tanda-tanda tersebut masih berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan.


Tips Mencegah Toksoplasma

Walaupun toksoplasma sangat sulit menular antara sesame manusia, kecuali lewat transfuse darah dan transplantasi organ. Namun, toksoplasma dapat menjangkiti tubuh manusia secara mudah melalui makanan yang kurang bersih dan kurang matang serta melalui hewan peliharaan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah serangan toksoplasma yang disebabkan oleh makanan dan hewan peliharaan:

1. Jangan memberi makan hewan peliharaan dengan daging mentah
2. Jangan biarkan hewan peliharaan memburu tikus atau binatang lain yang berpotensi membawa toksoplasma
3. Selalu bersihkan kotoran hewan peliharaan dengan sarung tangan
4. Masaklah daging hingga matang atau bekukan daging terlebih dahulu

Selalu jaga kesehatan dan kebugaran hewan peliharaan anda


Mengenal Gejala dan Pengobatan Toksoplasma

Hydrochepalus atau kelainan pada bayi dengan kepala yang besar adalah salah satu kelainan yang diakibatkan oleh serangan toksoplasma pada bayi ketika masih dalam kandungan sang ibu. Toksoplasma disebabkan oleh Toksoplasma gondii, hewan bersel satu yang jika menyerang ibu hamil akan menyebabkan keguguran ataupun kelainan pada janin.

Gejala-gejala penyakit toksoplasma tidak terlihat jelas pada penderitanya. Namun, sejumlah tanda umum serangan toksoplasma diantaranya adalah pembesaran kelenjar limfa dan bagian tubuh yang kerap terserang adalah kelenjar limfa di leher yang disertai dengan peningkatan suhu tubuh. Selain itu gejala-gejala toksoplasma akut adalah kejang leher, sakit otot, sakit sendi, ruam pada kulit dan hepatitis.

Untuk mengetahui secara dini serangan toksoplasma dengan tepat adalah lewat pemeriksaan darah, yaitu tes TORCH. Tes TORCH biasanya dapat dilakukan per paket dan diambil hanya tes toksoplasma saja. Biaya yang dikenakan untuk satu jenis tes berkisar 150 ribu rupiah.

Selanjutnya setelah gejala toksoplasma dideteksi yang ditandai dengan kadar imunoglobin M atau imunoglobin G dalam darah, dokter akan melakukan pengobatan dengan memberikan antibiotik jika imunoglobin M sudah berada pada kadar tinggi.

Pengobatan toksoplasma yang dapat dilakukan pada ibu hamil tergantung dari serangn toksoplasma yang terjadi. Untuk serangan toksoplasma yang belum sampai ke janin adalah dengan pemberian tablet spiramycin. Jika janin sudah terinfeksi toksoplasma maka akan diberikan pyrimethamine dan sulfadiazine. Ibu hamil harus mengkonsumsi obat ini sampai melahirkan untuk menghindarkan serangan pada organ yang belum terinfeksi.

Selain dengan pemberian obat-obatan, ibu hamil juga harus menjalani pemeriksaan ultrasonografi secara berulang untuk memonitor kelainan pada janin.




source:http://jagakesehatan.wordpress.com

No comments:

Post a Comment