Kontak

Monday, April 13, 2009

10 Cara Menghindari Kanker


Pengobatan kanker yang ditemukan dalam tahap dini akan memberikan hasil yang baik, dan harapan bebas dari penyakit tersebut, lebih besar

Cara Menghindari Kanker
1. Berhenti Merokok
Merokok adalah faktor resiko kanker yang terbesar, merupakan sebab utama terjadinya kanker paru dan berhubungan dengan hampir 30% kejadian kanker lainnya. Merokok sigaret, cerutu atau rokok pipa didalam rumah akan menyebabkan terpa-jannya seluruh penghuni rumah termasuk anak-anak dengan asap rokok. Hal ini akan menyebabkan penyakit saluran pernapasan seluruh penghuni rumah. Merokok pada saat hamil berbahaya bagi bayi yang dikandung.
2. Hindari Sinar Matahari
Sinar matahari yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada kulit. Lindungi kulit anda dengan krim tabir surya (suncreen cream), gunakan baju berlengan panjang dan topi atau payung terutama saat terik matahari.
3. Kurangi Kadar Lemak, Dalam Makanan Anda
Diet tinggi lemak secara langsung menyebabkan peningkatan resiko anda untuk terkena kanker kolon, prostat dan payudara. Makanan yang mengandung banyak lemak menyebabkan peningkatan berat badan dan kegemukan yang berhubungan dengan kanker di kandungan, kandug empedu, payudara dan konon. Mengontrol berat badan dengan diet seimbang dan olahraga akan mengurangi resiko anda terkena kanker.
4. Perbanyak Makanan Berserat

Gandum, beras, sayuran dan buah- buahan merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan melindungi anda dari kanker kororektal. Makanan yang banyak mengandung serat seperti roti gandum, dedak, jagung, bers, bayam, kentang, apel, peer, dan tomat sebaiknya dikonsumsi secara teratur setiap hari.
5. Kurangi Konsumsi Makanan Yang diasap, Dibakar dan Dia-wetkan dengan Nitrin (bahan kimia beracun untuk menawet-kan makanan)
Kanker Oesofagus dan lambung lebih sering dijumpai dinegara yang penduduknya banyak mengkonsumsi makanan yang diproses dengan pengasapan maupun diawetkan dengan nitrin. Dalam makanan yang dibakar diketahui kandungan zat yang meningkatkan resiko kanker lebih tinggi.
6. Pilih Makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C
Vitamin alami dan zat penting lain yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat melindungi kita dari kanker oesofagus, laring, lambung dan paru. Jeruk, pisang, mangga pepaya, tomat dan buah-buahan tropis lainnya, wortel serta brokoli merupakan sumber dari vitamin dan zat-zat penting tersebut.
7. Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubis
Penelitian menunjukkan bahwa sayuran yang termasuk dalam golongan kubis, brokoli, bunga kol, bok choy dan kale dapat melindungi anda dari kanker lambung, kolorektal dan kanker saluran nafas.
8. Hindari minuman beralkohol
Bila anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, resiko untuk mendapat kanker hati dan lambung akan meningkat. Merokok disertai dengan minum alkohol akan meningkatkan resiko yang sangat besar untuk terjadinya kanker mulut, tenggorokan, laring dan oesofagus.
9. Periksakan diri Anda secara teratur
Periksakan kesehatan secara teratur adalah langkah yang baik untuk dapat mengetahui adanya penyakit sedini mungkin. Papsmear dan pemeriksaan payu-dara sendiri maupun dengan mam-mografi merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk mendeteksi secara dini kanker leher rahim dan payudara. Para pria dianjurkan untuk selalu memeriksakan diri akan kemungkinan adanya kanker dikelenjar prostat dan testis. Anda juga harus selalu memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada diri anda, misalnya timbulnya benjlan pada tubuh, perubahan suara menjadi serak, adanya pendarahan yang tidak normal dll. Apabila anda merasa ada perubahan dalam tubuh anda, segera temui dokter anda.
10. Pola hidup yang seimbang
Makan yang cukup dan seimbang gizi, penggunaan waktu yang seimbang antara bekerja, istirahat, rekreasi dan olahraga, serta selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, dapat mengurangi resiko untuk timbul penyakit kanker.

Kanker Prostat.
Kelenjar prostat adalah kelenjar kelamin pada pria yang memproduksi cairan mani. Ukurannya sebesar biji Walnut, terletak dibawah kandung kemih, mengelilingi pangkal saluran kemih (utera) yang mengeluarkan air seni dari kandung kemih. Dalam menjalankan fungsinya kelenjar prostat memerlukan hormon testoteron yang dihasilkan oleh buah zakar (testis). Kelenjar prostat terbentuk oleh beberapa jenis sel yang secara normal akan membelah dengan teratur. Apabila pembelahan berlebihan maka terjadi pembesaran kelenjar yang bersifat jinak maupun ganas. Keganasan yang terjadi pada kelenjar prostat merupakan 10 penyakit keganasan tersering pada pria, dan terutama penyerang pria diatas 50 tahun. Di Indonesia angka kejadian keganasan pada kelenjar prostat dari tahun ke tahun cenderung meningkat, sejalan dengan meningkatnya umur harapan hidup.

Gejala Kanker Prostat
Pada tahap awal, sering tidak menimbulkan gejala tetapi pada tahap selanjutnya sering timbul gejala/keluhan yang berupa :
1. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
2. Buang air kecil harus mengedan.
3. Sulit menahan buang air kecil.
4. Tidak dapat buang air kecil sama sekali.
5. Buang air kecil terasa sakit/panas.
6. Ada darah dalam air seni & air mani.
7. Terasa sakit saat ejakulasi
8. Nyeri/terasa kaku didaerah bokong, panggul dan pangkal paha.

Deteksi Dini Kanker Prostat
Untuk mengetahui secara dini adanya kanker prostat, pria yang berumur diatas 40 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara teratur setahun sekali berupa :
1. Pemeriksaan fisik : colok dubur.
2. Pemeriksaan Ultrasonografi kelenjar prostat.
3. Pemeriksaan kadar Prostat Spesific Antigen (PSA) dalam darah.

Data Statistik menunjukan :
1. Kanker Prostat stadium dini yang mendapat pengobatan yang tepat mempunyai masa bebas penyakit besar yaitu 80 – 90% untuk selama 5 tahun dan 70 – 80% untuk 10 tahun.
2. Kanker Prostat stadium lanjut khususnya yang sudah ada penyebaran ke organ lain, angka bebas penyakitnya hanya 20 – 30 % dan angka harapan hidup 5 tahun hanya sekitar 40%.
Apabila anda seorang pria yang berusia lebih dari 50 tahun dan mengalami salah satu gejala diatas, hendaklah segera berkonsultasi kepada dokter karena hal tersebut mungkin suatu tanda keganasan pada kelenjar prostat.

Penyebab kanker prostat
Penyebab pasti belum diketahui, tapi ada beberapa keadaan yang menjadi faktor resiko untuk terjadinya keganasan pada kelenjar prostat, yaitu :
1. Usia diatas 50 tahun.
2. Diet tinggi lemak.
3. Pembesaran prostat jinak.
4. Inveksi virus yang ditularkan melalui hubungan kelamin.
5. Riwayat kanker prostat dalam keluarga.
6. Pekerja di industri karet dan pekerja yang kontak lama dngan logam Cadmium (bahan Pembu-at baterai).


Sumber :
Dharmais, National Cancer Center.
Rumah Sakit Kanker “Dharmais”


MEDIA GT EDISI IX/2006



No comments:

Post a Comment